Game yang mengadaptasi
permainan Tic Tac Toe ini berbasis AI .
Kecerdasan Buatan atau Artificial
Intelligence (AI) didefinisikan sebagai
kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap
komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer)
agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia .
Kecerdasan
buatan atau AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai
lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user. Dengan memblokir sisi sisi
tertentu yang dapat menjadikan bidik user tersusun secara berurutan.
Game ini
menggunakan Algoritma Minimax, Algoritma minimax merupakan
algoritma yang diterapkan dalam game yang
melibatkan dua pemain yang saling bergantian seperti tic-tac-toe, chess, Othello dan game yang menggunakan strategi atau logika lainnya. Algoritma minimax
digunakan untuk memilih langkah terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha
untuk memenangkan permainan. Selain itu, algoritma minimax ini bekerja secara rekursif
dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma
minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis Artificial Intelligence,
dimana algoritma ini akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang
ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan
pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut.
Algoritma Minimax pada games ini adalah komputer dapat
menyerang user dimana komputer bisa berpikir kapan komputer menyerang user dan
kapan komputer bertahan. Maksud
dari menyerang user adalah komputer dapat memenangkan permainan ini atau dengan
kata lain mencapai goal(tujuan). Kemudian maksud dari bertahan adalah berusaha
menggagalkan kesempatan untuk menang yang diraih oleh user.
LISTING PROGRAM :
- Untuk menentukan kondisi Awal serta variabel variabel dan instrumen instrumen yang digunakan seperti Gambar-gambar scene , Splash Screen (Screen Loading) , dan scene Main Menu
- Untuk membuat sintaks sub Menu pada scene Main Menu
- Untuk membuat ukuran dari papan permainan serta posisi peletakkan bidak permainannya , juga sintaks "beep" yang akan membuat suara ketika bidak diletakkan
- Untuk membuat kondisi perlawanan dari musuh /com berbasis AI , serta menentukan kondisi menang atau kalahnya pemain dalam game tersebut
OUTPUT GAME
Tridea Putra S
3IA14
58413986
0 komentar:
Posting Komentar