Laman

Kamis, 16 April 2015

ERP Software : "Microsoft Dynamics NAV"

Sekilas mengenai ERP (Enterprise Resource Planning) , apa yang dimaksud dengan ERP ?


Secara sederhana , ERP (Enterprise Resource Planning) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai Perencanaan Sumber Daya Perusahaan dapat dikatakan sebagai sistem informasi yang digunakan oleh sebuah perusahaan barang ataupun jasa dengan mengintegrasikan semua proses bisnis sehingga lebih efektif dan efisien .

Kini cukup banyak software yang diciptakan demi kepentingan hal tersebut , salah satu software ERP yang akan dibahas disini yaitu Microsoft Dynamic NAV .










Microsoft sendiri sebenarnya menciptakan beberapa software ERP , seperti

·       Microsoft Dynamics SL (dulu dikenal dengan Solomon IV) ditujukan bagi perusahaan kecil dan menengah. Microsoft Dynamics SL juga menjadi solusi tepat bagi perusahaan yang bersifat project-centric atau distribution-focused.

·       Microsoft Dynamics GP (dulu dikenal dengan Great Plains Software) ditujukan bagi perusahaan kecil dan menengah yang mulai berkembang dan membutuhkan implementasi yang cepat. Microsoft Dynamics GP menawarkan banyak fungsionalitas yang out-of-the-box untuk mendukung proses operasional.

·      Microsoft Dynamics NAV (dulu dikenal dengan Navision) ditujukan bagi perusahaan menengah, terutama yang berfokus pada distribusi dan supply chain management. Microsoft Dynamics NAV juga didukung Role-based GUI dan dapat di-custom oleh developer dengan mudah, sesuai kebutuhan perusahaan.


·      Microsoft Dynamics AX (dulu dikenal dengan Axapta) ditujukan bagi perusahaan besar yang tersebar luas di berbagai wilayah. Microsoft Dynamics AX mendukung multi-country, multy-language dan multy-currency. Microsoft Dynamics AX dapat di-customdengan mudah untuk memperluas fungsionalitasnya. Microsoft Dynamics AX juga dilengkapi business intelligence yang lengkap beserta reporting dan KPI.


Namun seperti yang sudah dikatakan di atas , pada kali ini kita akan lebih membahas kepada Microsoft Dynamics NAV.


Microsoft Dynamics NAV berawal dari Navision , sebuah perusahaan accounting yang diakui oleh Microsoft dari tahun 2002 . Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dengan versi Dynamics NAV 5.00 , namun setelah itu diciptakan versi yang lebih disempurnakan lagi dan menjadikannya sebagai aplikasi yang cukup dikenal pada tahun 2009 dengan versi Dynamics NAV 2009(“6.00”)  . Aplikasi ini sendiri sampai saat ini sudah mencapai versi Dynamics NAV 2015(“8.00”) .

Microsoft Dynamics NAV bermain secara eksklusif di pasar menengah dan menggunakan desain tiga-tier untuk meningkatkan berpotensi ratusan pengguna secara bersamaan. (cuncarrent Systems)  Desain ini memungkinkan untuk pilihan Windows, browser web, SharePoint dan klien. Fleksibilitas dan kesederhanaan dari desain memungkinkan Dynamics NAV akan cepat dikonfigurasi atau disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang unik. Akses penuh ke kode sumber dan pengembangan toolkit memungkinkan mitra pembangunan dan reseller untuk secara cepat mengembangkan solusi industri-spesifik. Standard Dynamics NAV menawarkan fungsionalitas canggih untuk distribusi, manufaktur, dan manajemen pelayanan.

Ada beberapa alasan / kelebihan menggunakan software ini , yaitu :


           1.      Lebih dari sekedar ERP software

Microsoft Dynamics NAV adalah sebuah aplikasi ERP yang dikombinasikan dengan business intelligence , collaboration , dan communication tools

          2.      Roletailored user experience (RTC)

RTC merupakan suatu fasilitas dari Microsoft Dynamics NAV yang memungkinkan pengguna hanya dapat melihat informasi sesuai dengan tugas dan aktivitas sehari-harinya . Dengan fasilitas ini para pengguna dapat lebih cepat dalam bekerja

         3.      Business Intelligent Tools

Tools ini memungkinkan para pengambil keputusan untuk memprediksi langkah langkah yang harus diambil kedepan sehingga dapat menyelesaikan problem/masalah sejak awal

        4.      Flexible dalam penggunaan dan berkomunikasi

Microsoft Dynamics NAV dapat digunakan melalui web browser ataupun desktop computer . Pengguna juga dapat saling berkomunikasi melalui instant messages , email , voice messages , dll

        5.      Rapid Implementation

Dalam proses implementasi , software ini cukup cepat dan mudah untuk dipelajari sehingga tidak terlalu mengganggu proses bisnis yang sedang berlangsung

        6.      Mudah dikustomisasi

Untuk memenuhi kebutuhan proses bisnis atau industri secara spesifik , Microsoft Dynamics NAV dapat dikustomisasi dengan mudah

              7.      Flexible Database Infrasctructure

Microsoft NAV flexible dalam database infrastruktur , apakah akan menggunakan on premises , cloud , ataupun gabungan keduanya . Selain itu juga flexible untuk merubahnya sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.


Sumber :


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Microsoft ERP Software is the best ERP software for small business, with the help of Enterprise Resource Planning Implementation you can automates core business operations such as lead-to-cash, order-to-fulfillment, and procure-to-pay processes.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes