Laman

Sabtu, 23 April 2016

Klasifikasi Game (Pengantar Teknologi Game)



Dewasa ini gadget baik itu smartphone , laptop , computer dan sebagainya merupakan suatu benda penting yang rasanya hampir sangat sulit dipisahkan dari kehidupan manusia . Biasanya masyarakat menggunakannya baik untuk suatu keperluan komunikasi atau tidak jarang hanya sebagai media hiburan . Media hiburan yang dapat disajikan dari gadget sangat beragam . Dan apabila kita membicarakan tentang media hiburan elektronik , hal yang pasti tersirat dalam pikiran mayoritas kita adalah “Game”.
Game, pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda (Crawford, 2003). Selain itu ada definisi game yang dikemukakan oleh ahli lain yaitu Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan (Costikyan, 2004).
Game sendiri diklasifikasikan ke dalam banyak kategori , baik menurut tujuannya , platformnya , sampai dengan genre nya . Hal ini selain ditujukan untuk mempermudah pengelompokkan jenis game juga mempermudah user /pengguna mendapatkan game sesuai dengan “selera”-nya masing masing . 

Berikut ini adalah pengklasifikasian game yang dimaksud .


BERDASARKAN TUJUAN

·         Game as Game
Jenis game yang satu ini adalah jenis game yang paling umum kita temui. Tujuan utama dari game jenis ini adalah kesenangan dan fun!

·         Game as Media
Jenis game as media punya tujuan utama yang berbeda dari jenis game as game, walau kadang juga tetap memiliki unsur fun. Tujuan utama dari game as media adalah untuk menyampaikan pesan tertentu, memanfaatkan game sebagai medium si pesan. Isi dan cara penyampaian pesan ini tergantung pada keinginan sang desainer game dan target yang dikejar.
Contoh umum dari game as media adalah game yang termasuk dalam serious game, seperti advergame , edutainment atau edugame, exergame, simulasi, dan lainnya. Jenis game ini bisa diimplementasikan pada bidang-bidang yang lebih luas, seperti marketing, pendidikan, dan lain-lain.

·         Game Beyond Game
Terakhir adalah game beyond game, atau bisa disebut juga dengan istilah gamification. Gamification adalah penerapan konsep atau cara berpikir game design ke dalam lingkup non-game.
Bentuk gamification sendiri pun biasanya tidak berupa game, misalnya sistem reward dari poin yang dikumpulkan dengan berbelanja, atau lainnya. Sama seperti serious game, gamification bisa diterapkan dalam beberapa bidang yang lebih umum seperti seni, pendidikan, jurnalisme, bisnis, dan lainnya.


BERDASARKAN PLATFORM

·         Arcade Games
Arcade games atau sering disebut dengan ding-dong, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).

Ex. Mesin Game ding-dong di Timezone

            Kelebihan :
Sensasi permainan yang didapatkan berbeda , memungkinkan user bermain dengan melakukan kontak fisik ke mesin permainan secara langsung seolah olah kita berada di dalam permainan

Kekurangan :
Harus bermain di tempat tertentu dan tiap permainan menggunakan media pembayaran seperti koin maupun kartu . Selain itu faktor lain seperti mengantri ataupun bergantian dengan orang lain di arena bermain juga menjadi kekurangan lainnya.

·         PC Games
PC games adalah video games yang dimainkan menggunakan Personal Computers. PC Games juga merupakan salah satu platform game terfavorit para gamer , selain fitur yang disajikan paling lengkap ketimbang dengan game platform lain , game platform lain juga dapat dimainkan pada PC dengan menggunakan simulator untuk game tertentu . Dapat dikatakan PC Games merupakan raja platform dari game masa kini . Selain itu PC Games juga menyajikan game Online (terhubung dengan koneksi internet yang memungkinkan koneksi dengan gamer lain di seluruh dunia) dan game Offline(tidak terhubung dengan internet , sehingga game hanya dapat dimainkan melalui Komputer yang bersangkutan)

Ex. Minecraft , Counter Strike (Online/Offline) & Road Rash (Offline)

            Kelebihan :
Dapat dikatakan sebagai platform game serbaguna . Game untuk platform ini sangat banyak . Untuk beberapa game dari segi grafisnya juga menjadi juara dibanding game yang sama di platform lain . Selain itu adanya mode Online , yang memungkinkan kita bermain game dengan user lain dimana pun berada .

Kekurangan :
Non-portable . Membutuhkan computer itu sendiri menjadi kekurangannya . Sehingga untuk memainkan gamenya kita perlu duduk , bermain didepan computer di atas meja dan tidak flexible.

·         Console Games
Console games adalah video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii. Game dengan platform ini sangat booming sebelum merebaknya Game Online berbasis PC . Namun eksistensi game dengan platform ini masih cukup banyak diminati sampai saat ini.

Ex. Tekken , Guitar Hero , Winning Eleven

            Kelebihan :
Menjadi salah satu game platform terfaforit dikarenakan banyaknya genre game yang dapat dimainkan dan tidak memerlukan updating untuk 1 game sehingga game dapat dimainkan dari awal sampai akhir . Selain itu , game berplatform ini juga biasanya menyediakan banyak animasi di dalamnya yang bisa memanjakan mata dan memberikan sensasi tersendiri kepada para pecinta game 

Kekurangan :
Membutuhkan console game itu sendiri yang relatif cukup mahal untuk sebuah alat bermain game . Sehingga Console Game ini biasanya hanya dapat dimiliki oleh kalangan tertentu saja . Selain itu non-portable juga menjadi kekurangan berikutnya . Dan kekurangan yang terakhir yang banyak membuat orang meninggalkan game ini adalah membutuhkan disk / kaset dalam bermainnya yang dianggap kurang efektif dan “menyampah” apabila selesai dimainkan.


·         Handheld Games
Handheld games adalah video games yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana atau disebut juga dengan portable console contohnya seperti Nintendo DS dan Sony PSP.

Ex. Game game pada Nintendo DS / Sony PSP

            Kelebihan :
Game dengan platform ini menjadi media yang paling flexible untuk dimainkan dimana saja kita berada . Hanya membutuhkan gadget / console bermain yang kecil sehingga kita hanya membutuhkan genggaman kedua tangan kita saja untuk memainkannya tanpa harus disambungkan ke TV ataupun monitor terlebih dahulu sehingga sangat cocok sebagai media hiburan ketika kita sedang berTravelling .

Kekurangan :
Game yang tersedia untuk platform ini dapat dikatakan paling sedikit dibanding dengan game dengan console lainnya . Grafis gameyang dibawah game console seperti PS dan XBOX juga menjadi kekurangan lainnya sehingga game dengan platform ini dianggap kurang menarik ketimbang game platform lainnya . Game dengan Platform ini juga biasanya dibandingkan dengan Game Console yang sejenis namun bukan Portable seperti PSP dibandingkan dengan PS , Nintendo DS dibandingkan dengan Nintendo Wii . Faktor harga dari console itu sendiri juga menjadi salah satu faktor perbandingan console console tersebut .


·         Mobile Games
Mobile games adalah video games yang dapat dimainkan atau khusus dimainkan untuk mobile phone atau PDA. Mobile Games pada sekarang ini juga merupakan salah satu game platform terfavorit selain PC Games . Dikarenakan smartphone yang sudah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia pada zaman ini menjadikan Mobile Games sangat banyak dimainkan oleh masyarakat .Sama dengan PC Games , Mobile Games juga menyediakan Games Online maupun Offline , dam sama dengan Handheld Games , Mobile Games juga bersifat portable.

Ex. Clash of Clans , Get Rich (Online) &  Angry Birds (Offline)

            Kelebihan :
Game dengan platform ini sangat diminati sekarang sekarang ini . Portable (mudah dibawa kemana-mana) merupakan salah alasan ampuh untuk game platform ini. Selain itu , game yang dimainkan secara online juga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi banyak gamers untuk berinteraksi dengan bermain bersama gamers lain di luar sana . Cara mendapatkan games ini juga sangat mudah , hanya dengan mendownloadnya saja di Application Store masing-masing mobile.

Kekurangan :
Untuk pecinta animasi dan grafis game , mungkin Mobile Games bukanlah pilihan yang tepat untuk mereka . Mobile Games biasanya hanya menyajikan game game dengan grafis dan cara bermain yang ringan ringan saja . Sekalinya ada game dengan grafis yang cukup lumayan , namun memakan memori penyimpanan yang sangat besar yang oleh karena hal tersebut akan mengganggu kinerja dari smartphone yang dimiliki karena memakan ruang memori smartphone yang bias dibilang kecil.



BERDASARKAN GENRE

            Terdapat sangat banyak genre dalam games , beberapa diantaranya yakni :

·         RTS (Real Time Strategy)
Real Time Strategy adalah genre suatu permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang tiap pemainnya memiliki suatu negara, negara tersebut di kelola dalam hal pengumpulan sumberdaya (alam, manusia, ekonomi), pengaturan strategi pasukan-pasukan tempur, diplomasi dengan negara tetanga, peningkatan ekonomi, pengembangan keyakinan, pengembangan pendidikan dari negara primitif menuju peradaban modern. RTS dibedakan dari turn-based strategy dimana dalam RTS permainan tidak mengenal giliran. Setiap pemain dapat mengatur/memerintah pasukannya dalam waktu apapun.

Ex. Age of Empires , Warcraft , Star Wars


·         FPS (First Person Shooter)
Jenis permainan tembak-menembak dengan tampilan pada layar pemain adalah sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, tiap tokoh karakter mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam tingkat akurasi menembak, reflek menembak,dll. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang. Permainan ini bisa berupa misi melumpuhkan penjahat maupun alien, kadang juga sejumlah pemain dibagi beberapa tim yang bertugas melumpuhkan tim lainnya, sebelum dilumpuhkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

Ex . Counter Strike ,  Halo , Call of Duty
  

·         RPG (Role Playing Game)
Adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.
Dalam sebuah permainan RPG, jarang ada yang “kalah” atau “menang”. Ini membuat permain RPG berbeda dari jenis permainan papan lainnya seperti Monopoli atau Ular Tangga, permainan kartu, olah raga, dan permainan lainnya. Seperti sebuah novel atau film, permainan RPG mempunyai daya tarik karena permainan-permainan ini mengajak para pemain untuk menggunakan imajinasi mereka. RPG biasa lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok.

Ex. Final Fantasy , Ragnarok , Getamped


·         Action Game
Permainan jenis ini sangat berkaitan dengan tantangan fisik, seperti ketangkasan, reflek dari pemain. Dalam permainan ini pemain mengendalikan seorang tokoh karakter, tokoh karakter yang dimainkan bisa dihadapkan dengan tokoh karakter lain yang bertarung berhadapan bisa juga menjalankan sebuah misi yang banyak rintangan, mengumpulkan objek tertentu, mengalahkan musuh, maupun menyelamatkan karakter lainnya.

Ex. Naruto Shippuden , Dynasty Warriors , Grand Theft Auto
  

·         Adventure Game
Permainan yang menggunakan tokoh karakter fiksi yang bertugas mengekplorasi memecahkan sebuah misteri atau kasus, memburu harta karun, maupun menyelamatkan tokoh karakter buatan. Banyak dari game ini diangkat dari sebuah novel populer maupun film biskop. Biasanya game petualangan juga dikombinasikan dengan aksi bertarung, menghadapi rintangan maupun memecahkan teka-teki. Bedanya dengan Action Game , Adventure Game memiliki alur cerita yang membatasi kita dalam bermain , sehingga game tidak bias dimainkan keluar dari alur cerita yang sudah ada .

Ex. Tomb Raider , God of War , Onimusha
   


·         Sport
Game bergenre ini bertemakan olahraga seperti pada umumnya, Kita dapat mengontrol manusia yang diibaratkan kita sendiri di dalam game tersebut. Yang membedakan adalah kita disini tidak benar-benar berolahraga, melainkan tokoh yang kita mainkanlah yang melakukan kegiatan tersebut.

Ex. PES , NBA , MLB the Show


·         Racing
Adalah salah satu jenis permainan yang bernuansakan balap kendaraan. Disini kita bisa mengontrol sendiri kendaraan yang kita miliki maupun kita bisa menongtrolnya bersama-sama dengan partner kita.

Ex. Burnout , Need For Speed , Asphalt




Tridea Putra . S
58413986

Sumber :









0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes