Laman

Minggu, 29 Mei 2016

Pengantar Teknologi Game : "Batman vs Superman TicTac Toe"

Game yang mengadaptasi permainan Tic Tac Toe ini berbasis AI .
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia .

Kecerdasan buatan atau AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user. Dengan memblokir sisi sisi tertentu yang dapat menjadikan bidik user tersusun secara berurutan. 

Game ini menggunakan Algoritma Minimax, Algoritma minimax merupakan algoritma yang diterapkan dalam game yang melibatkan dua pemain yang saling bergantian seperti tic-tac-toe, chess, Othello dan game yang menggunakan strategi atau logika lainnya. Algoritma minimax digunakan untuk memilih langkah terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha untuk memenangkan permainan. Selain itu, algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis Artificial Intelligence, dimana algoritma ini akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut.

Algoritma Minimax pada games ini adalah komputer dapat menyerang user dimana komputer bisa berpikir kapan komputer menyerang user dan kapan komputer bertahan. Maksud dari menyerang user adalah komputer dapat memenangkan permainan ini atau dengan kata lain mencapai goal(tujuan). Kemudian maksud dari bertahan adalah berusaha menggagalkan kesempatan untuk menang yang diraih oleh user.

Oleh sebab itu, langkah komputer(lawan) menyerang disebut juga maximizing player dan langkah komputer(lawan) bertahan disebut juga minimizing player.


LISTING PROGRAM :
  • Untuk menentukan kondisi Awal serta variabel variabel dan instrumen instrumen yang digunakan seperti Gambar-gambar scene , Splash Screen (Screen Loading) , dan scene Main Menu


  • Untuk membuat sintaks sub Menu pada scene Main Menu

  • Untuk membuat ukuran dari papan permainan serta posisi peletakkan bidak permainannya , juga sintaks "beep" yang akan membuat suara ketika bidak diletakkan

  • Untuk membuat kondisi perlawanan dari musuh /com berbasis AI , serta menentukan kondisi menang atau kalahnya pemain dalam game tersebut



OUTPUT GAME











Tridea Putra S
3IA14
58413986


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes