Laman

Sabtu, 23 Mei 2015

Sekilas Tentang Browser

Secara sederhana dapat dikatakan  bahwa Browser merupakan perangkat lunak(software) yang digunakan untuk melakukan aktivitas “browsing” yaitu mengakses data maupun dokumen dokumen yang tersedia pada web server menggunakan internet .

Menurut pengertian beberapa ahli mengenai browser yaitu :

1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.

2. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.

3.   Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.

4. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.

5.    Lia Kuswayatno mengartikan browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara mengisi alamat situs tersebut pada kotak address


Ada banyak sekali browser yang tersedia pada saat ini dengan tampilan masing masing yang berbeda-beda  , namun ada beberapa browser yang sudah sangat terkenal dan merupakan browser yang dipakai oleh mayoritas pengguna internet pada saat ini . 
Berikut beberapa browser yang dimaksud :

·        Internet Explorer


IE adalah salah satu web browser tertua di dunia . IE sendiri dapat dikatakan sebagai pelopor berkembangnya aplikasi browser pada saat ini . IE merupakan software default yang terpasang saat installasi system operasi Windows . Namun saat ini kebanyakan pengguna sudah mulai meninggalkan browser ini dengan beberapa alasan tertentu , sehingga kebanyakan IE saat ini hanya sekedar jadi pajangan belaka pada computer di saat orang lain menggunakan browser lain pada komputer yang sama .


·        Mozilla firefox


Ini juga merupakan salah satu web browser populer yang banyak dipakai di Amerika, pengguna di Indonesia pun jumlahnya sangat besar menempati peringkat 6 pengguna firefox terbanyak di dunia. Mozilla Firefox juga merupakan salah satu cikal bakal berkembangnya aplikasi browser pada saat ini sesudah Internet Explorer .


·        Opera

Opera juga memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya favorit, terutama di kalangan pengguna perangkat mobile. Tampilannya yang sederhana membuat orang suka menggunakannya karena dianggap simple dan tidak “ribet” . Opera mini merupakan primadona , khususnya di dalam perangkat mobile .



·        Google Chrome

Browser ini dikembangkan oleh sang raksasa mesin pencari, Google dan saat ini menjadi salah satu web browser populer karena banyaknya fitur yang tersedia serta kecepatannya dalam meloading halaman web. Selain itu , tampilan sederhana dan simple juga menjadi salah satu senjata ampuh dari browser ini . Google Chrome sendiri kini telah tersedia dalam perangkat mobile berbasis android . Google Chrome merupakan browser yang memiliki potensi besar sebagai raja dari segala browser .


·        Safari

Browser ciptaan Apple Inc. ini tersemat pada gadget-gadget Apple seperti iPhone, iPad dan Mac ini bisa dibilang memiliki tampilan yang terkesan lebih elegan dan modern dibanding browser lainnya. Browser ini tidak terlalu universal sebab hanya pengguna produk Apple saja yang biasa menggunakannya.



Sumber :






[Nama Kelompok :              ]
[- Harles Bayu Anggara       ]
[- Karina Meita Permatasari ]
[- Meidiana Dwi Andyni      ]
[- Sinta Novianka                 ]
[- Tridea Putra S                  ]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes