Laman

Jumat, 31 Oktober 2014

New Media

New Media atau yang apabila di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “Media Baru” . Sebelum mencari tahu apa itu New Media , yang harus diketahui terlebih dahulu yaitu apa itu Media.


Media secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah sarana atau alat untuk menyebarkan suatu informasi dan berkomunikasi. Selayaknya manusia purba terdahulu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dan meninggalkan informasi informasi melalui coretan coretan pada dinding dinding gua menggunakan batu . Begitupula seperti “difabel” menyampaikan informasi menggunakan bahasa tangan . Yang jadi pengertian disini bukanlah cara mereka berkomunikasi melainkan alat yang digunakan seperti dinding gua pada manusia purba dan bahasa tangan pada “difabel” , itulah yang dapat dimaksud dengan Media .

Lalu  apa itu New Media ?

Selayaknya yang kita tahu bahwa arti New adalah baru . Dan arti dari Media telah dipaparkan di atas . Lalu apabila digabungkan , dapat dikatakan bahwa New Media adalah cara menyampaikan informasi dan berkomunikasi manusia secara modern . Cara modern yang dimaksud kali ini yaitu lebih mencagu kepada peranan internet yang tersebar luas pada zaman modern seperti ini .
Beberapa cara kerja penyebaran informasi ini tentunya memiliki peranan besar dari internet .

Selain itu , masih terdapat beberapa hal yang masuk ke dalam kategori New Media yaitu :

1.      Handphone atau smartphone.
New media jenis ini adalah yang paling banyak kita jumpai dimana pun dan kapan pun sehingga new media ini tidak asing lagi buat masyarat kita dan new media jenis ini dipakai oleh umur tingkat berapapun dari yang muda hingga yang tua, dari pekerjaan kantoran hingga mahasiswa dan anak-anak SMP dan SMA. New media jenis ini dapat menyalurkan informasi dengan cepat melalui fasilitas internetnya. Manusia dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan new media jenis ini. fasilitas yang ditawarkan beragam mulai dari telepon, SMS hingga video call.

2.  Komputer
New media yang satu ini juga tidak asing lagi bagi masyarakat kita, komputer yang dulunya susah untuk dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah sekarang sudah bisa dijangkau, mereka bisa pergi ke warnet (warung internet) yang memberikan layanan untuk mereka menggunakan atau mengakses internet dengan mudah dan murah, warnet ini dapat kita temukan dimana saja disekitar kita. Teknologi  ini merupakan awal mula dari new media. Banyak sekali manfaat dari teknologi yang satu ini. Semua hal dari new media merupakan bagian dari komputer itu sendiri.bisa dibilang komputer ini merupakan peralatan dasar untuk membuat new media yang berguna bagi masyarakat banyak.

3.      Internet
Setelah komputer merupakan alat dasarnya,internet ini adalah sebagai penyalur informasinya.Mengapa new media berkembang begitu pesat?karena informasi mengenai new media ini begitu cepat diberikan terhadap masyarakat melalui teknologi internet ini.Teknologi ini saya rasa tidak akan mati karena manusia menjadikan internet sebagai gaya hidup mereka.

4.      Social network
Twitter, facebook, tumblr dan lain-lain adalah jejaring sosial di dalam internet itu sendiri.  ini merupakan bagian dari internet yang dampaknya sangat besar terhadap masyarakat.dengan teknologi ini manusia dapat saling berkomunikasi dengan cepat dan mudah.Hampir sama dengan teknologi handphone diatas tetapi teknologi ini bersifat lebih universal.Dan masih banyak lagi macam-macam new media yang akan ada di masa mendatang.



Adapun munculnya New Media ini memiliki beberapa dampak baik dampak positif maupun dampak negatif . Adapun dampak dampak tersebut apabila dijabarkan antara lain menjadi seperti berikut :

DAMPAK POSITIF
1.      Kemajuan dari new media ini tentunya akan memunculkan pola pikir masyarakat yang bersifat human talent.Humant talent disini adalah manusia akan selalu berusaha memperluas daya bakat yang ada dalam dirinya untuk menciptakan hal yang baru secara terus menerus.Sifat inilah yang dibutuhkan masyarakat demi kemajuan manusia di masa depan.

2.      Sistem yang tertata semakin baik.Hal ini sistem dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan.Kita ambil contoh yang paling mudah dalam hal keamanan,dengan adanya teknologi new media yang semakin berkembang tentunya keamanan bagi negara kita menjadi semakin baik.dalam hal kesehatan,penyembuhan pasien menjadi lebih efektif dan berjalan cepat sehingga pasien menjadi terurus dengan baik.

3.      Dalam hal pendidikan,pendidikan dapat dibuat secara demokratis. Maksud dari pernyataan tersebut adalah metode mengajar dengan computer menjadi pelajaran menjadi lebih interaktif,responsive dan cocok dengan gaya para pelajar.Informasi yang diberikan pun menjadi lebih baik karena bersifat uptodate.



DAMPAK NEGATIF

1.      Rasa sosial terhadap lingkungan menjadi acuh.Tentu saja,karena sibuk dengan new media,manusia menjadi sibuk dengan dirinya sendiri sehingga tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

2.      Terjadinya polusi informasi. Hal ini pasti sering terjadi,banyaknya informasi yang diberikan membuat jumlah informasi takkan terhitung banyaknya.Dampak dari ini tentunya banyak informasi yang terkadang masih diragukan kebenarannya.

3.      Tumbuhnya sikap hedonisme dan komsumtif. Sebagai kesimpulan akhir,bagaimanapun dunia yang semakin mengglobal dengan pesatnya. Bila diikuti dengan pikiran dan sikap yang cerdas,tentunya akan berjalan dengan baik pastinya. Tetapi manusia selalu mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain.Sehingga hal ini sering terjadi.Rasa dan kebutuhan yang selalu tidak pernah puas menyebabkan sikap ini selalu ada dalam kehidupan masyarakat kita.



Sumber Referensi                    :

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes