Laman

Minggu, 26 Maret 2017

Pengantar Komputasi Modern : Cloud Computing




Cloud Computing (Komputasi Awan) merupakan suatu kombinasi pemanfaatan teknologi computer dengan pengembangan komputasi berbasis internet. Sebutan Cloud (Awan) sendiri merupakan suatu analogi atau istilah yang diberikan pada teknologi berbasis jaringan internet. Pada teknologi komputasi awan semua data berada dan disimpan di suatu server internet, begitu juga dengan aplikasi yang pada umumnya dibutuhkan pengguna yang semuanya berada di computer server. Pengguna teknologi ini harus terhubung dengan internet untuk dapat mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut.

Dengan kata lain pengguna bisa menyimpan suatu data atau file miliknya tanpa harus menyediakan harddisk berkapasitas besar pada komputernya sendiri melainkan dapat disimpan di suatu server sebagai pengganti media penyimpanan pribadi yang terletak di dalam komputernya hanya dengan memanfaatkan teknologi komputasi awan ini.


Cara Kerja Cloud Computing


Cloud Computing bekerja dengan mengandalkan server yang bekerja secara online dan terus menerus di suatu jaringan internet. Di computer server inilan nantinya semua data akan disimpan begitu juga dengan aplikasi berbasis cloud computingnya, semua di install di computer server sehingga pihak pengguna sudah siap pakai.

Cara kerjanya cukup sederhana seperti apabila user menjalankan aplikasinya dan memberikan beberapa perintah pada aplikasi tersebut, maka perintah yang diinput oleh user akan dikirimkan ke server melalui jaringan internet kemudian akan diolah oleh server dan memberikan hasilnya ke pengguna tersebut. Pengguna yang ingin mengakses server tersebut baik untuk keperluan membuka atau menyimpan data, pertama – tama harus melakukan login user terlebih dahulu kemudian barulah pengguna dapat menggunakan resource server cloud seperti menyimpan suatu data di aplikasi tersebut. Data hasil proses tersebut akan disimpan dikomputer server, sehingga setiapkali user ingin membuka data yang telah ia simpan sebelumnya, data tersebut akan tetap tersedia pada server cloud.




Contoh Aplikasi Berbasis Cloud Computing

DROPBOX

Aplikasi ini dapat berjalan di computer dan mobile anda. Sangat mudah di gunakan, setelah anda register di situsnya, anda hanya perlu melakukan instalasi di komputer dan mobile anda. Setelah itu anda hanya perlu menyalin semua file-file anda ke folder Dropbox dan akan otomatis tersinkronisasi dengan mobile anda. Anda dapat menikmati layanan ini gratis untuk 2GB.







GOOGLE DRIVE

Jika anda memiliki Google Account maka anda dapat menikmati layanan ini secara langsung. Cukup dengan melakukan instalasi aplikasi nya makan komputer, mobile dan account Google anda akan tersinkronisasi. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda pengguna mobile yang berbasi Android. Anda dapat menikmasi layanan ini secara gratis untuk 5GB.





MICROSOFT SKYDRIVE

Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft, cara kerja nya sama dengan Dropbox dan Google Drive, namun Skydrive ini memberikan keuntungan untuk dapat membaca file-file Microsoft Office anda secara online dan dapat melakukan perubahan menggunakan Office Online. Anda dapat menikmati layanan ini secara gratis untuk 7GB.







AMAZON CLOUDDRIVE

Aplikasi ini sangat cocok jika anda suka membaca dan mendengarkan musik yang anda beli melakui Amazon. Jika anda membeli eBook dan music melalui Amazon, anda dapat menyimpannya di CloudDrive ini, dan dapat mengakses nya melalui Kindle, Android, iPhone dan komputer anda.








APPLE i-CLOUD

Layanan ini otomatis anda dapatkan jika anda menggunakan semua produk Apple. Dengan menggunakan iCloud anda dapat sinkronisasi file-file anda yang berada di komputer (iMac, Macbook, dll) ke mobile anda (iPhone, iPad, dan iPod). Jika anda membeli musik dan film dari iTunes, maka file-file tersebut akan tersinkronisasi secara langsung ke iCloud anda. Sehingga anda dapat menikmatinya dari mana saja.





Sumber :






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes