Laman

Rabu, 28 Mei 2014

Makalah Manusia dan Pandangan Hidup



BAB I
PENDAHULUAN

1.1           Latar Belakang
          Pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial. Maksudnya adalah manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain di kehidupannya. Tiap manusia juga mempunyai pikiran yang berbeda beda. Dari pikiran yang berebeda beda inilah timbul pandangan hidup dari tiap individu yang berbeda beda pula.
            Banyak faktor faktor pendorong tiap manusia memiliki pandangan hidup.Mulai dari terinspirasi dari tokoh tokoh ataupun niat untuk perubahan yang akan terjadi dalam hidupnya. Pandangan hidup manusia inilah yang nantinya akan menentukan sikapdan perilaku kehidupan seorang manusia kedepannya kelak.



1.2     Perumusan Masalah

·         Apa yang dimaksud dengan pandangan hidup ?
·         Apa saja macam macam sumber pandangan hidup  ?
·         Bagaimana pengaruhnya pandangan hidup terhadap tingkah laku  manusia ?
·         Bagaimana langkah langkah berpandangan hidup yang baik ?

1.3     Tujuan Penulisan
·         Mengetahui hal hal mengenai pandangan hidup
·         Mengetahui macam macam sumber pandangan hidup
·         Mengetahui pengaruh yang akan terjadi pada manusia dari pandangan hidupnya
·         Mengetahui langkah langkah berpandangan hidup yang baik







BAB II
ISI

2.1                     Pandangan Hidup Manusia
                        Kehidupan manusia satu dengan manusia yang lainnya tentunya memiliki         segala perbedaan baik dari segi perilaku sampai dengan lingkungan.Negitu pula            dengan pemikiran antar manusia satu dengan yang lainnya. Pada hakikatnya            manusia memiliki ambisi , pemikiran , dan cita cita yang terdapat pada diri masing masing.
            Pandangan hidup sendiri secara awam dapat diartikan sebagai keyakinan ,         pilihan , ataupun pedoman yang diterapkan dan dijalankan oleh seorang  manusia di dalam hidupnya. Karena pemikiran tiap manusia yang berbeda beda pula lah sehingga pandangan hidup tiap manusia pun berbeda beda. Pandangan  hidup seorang manusia lah yang akan menentukan kehidupan seorang manusia kedepannya . Pandangan hidup manusia dapat digolongkan menjadi 3 bagian ,             yaitu   :
                  1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama, yaitu pandangan hidup yang                          mutlak kebenarannya.
                  2.      Pandangan  hidup yang  berupa ideologi, yaitu disesuaikan dengan                                     kebudayaan dan norma yang terdapat pada  Negara.
                  3.      Pandangan berdasarkan renungan, yaitu pandangan hidup yang relative                           kebenarannya (tergantung pada pribadi masing masing).

            Pada hakikatnya pandangan hidup manusia dapat dibentuk , khususnya dari     lingkungan dan pengalaman hidupnya . Seperti apabila mereka memiliki tokoh tokoh panutan , ataupun mungkin pernah mengalami pengalaman pahit pada  hidupnya terdahulu . Dua hal tersebut merupakan contoh contoh yang dapat  membuat seseorang mengubah pandangan hidupnya. Pandangan hidup manusia juga seringkali dikaitkan dengan ilmu ilmu filsafat. Apabila ditinjau dari ilmu filsafat , pandangan hidup dapat dibagi menjadi menjadi 3 aliran yaitu       :

              1.     Aliran  Naturalisme              : Hidup manusia itu dihubungkan dengan            kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi, kekuatan gaib itu dari nature dan itu dari tuhan . Manusia adalah ciptaan tuhan karena itu manusia mengabdi  pada tuhan melalui ajaran-ajaran agama.
                 
                  2.     Aliran  Intelektualisme         : Dasar aliran ini adalah logika/akal {kalbu          yang berpusat dihati} “hati nurani” maka keyakinan manusia itu bermula dari akal.
                 
                  3.     Aliran  Gabungan                : dasar aliran ini adalah kekuatan gaib yang        berasal dari tuhan sebagai dasar keyakinan sedangkan akal adalah dasar kebudayaan yang menetukan benar tidaknya sesuatu yang dinilai berdasarkan akal, baik sebagai logika berpikir maupun rasa atau hati nurani. Apabila dasar keyakinan itu kekuatan gaib dari tuhan dan akal berimbang maka akan menghasilkan pandangan hidup sosialisme –religius, kebajikan yang dikehendaki adalah kebajikan menurut logika berpikir dan dapat diterima hati nurani, semuanya itu berkat karunia Tuhan.






2.2   Pengaruh Pandangan Hidup

            Pandangan hidup seorang manusia adalah cerminan dari sikap dan perilaku hidup manusia tersebut .Pandangan hidup seseorang dapat berpengaruh kepada beberapa hal antara lain     :

            Pandangan Hidup terhadap Cita-cita Seseorang
                        Pandangan hidup seseorang menentukan perilaku dan hal hal yang        diterapkan dan dilakukan oleh seseorang di dalam hidupnya. Hal tersebut  kelak akan menentukan kehidupan masa depan manusia tersebut.  Adapula seseorang yang membentuk pandangan hidupnya demi  mewujudkan cita citanya kelak. Seperti , apabila seseorang bertekad kuat  untuk menjadi seorang pemimpin Negara kelak maka orang tersebut akan bahkan harus mengubah pandangan hidupnya menjadi lebih nasionalis    dan peduli kepada negaranya.

            Pandangan Hidup Seseorang terhadap Orang Lain
            Banyak orang yang terinspirasi dari orang lain yang khususnya adalah    tokoh panutannya ( orang yang telah memiliki jasa sesuatu atau bahkan  memiliki hal yang dapat diinspirasikan). Merupakan suatu keistimewaan  tersendiri bagi seseorang apabila dapat menginspirasi apalagi sampai  mengubah pandangan hidup seseorang karena dirinya sendiri.

            Pandangan Hidup Seseorang terhadap Bangsa Negara
            Pandangan hidup ini lebih kepada orang orang yang berpandangan hidup             berideologi. Pandangan hidup orang yang berideologi ini akan sangat   berpengaruh terhadap Negara sebab kebanyakan dari mereka berpandangan bahwa Negara harus dibuat lebih maju dan dianggap   sangat penting





2.3    Langkah-langkah Berpandangan Hidup yang Baik



            Seperti yang telah diketahui bahwa pandangan hidup seseorang memiliki keterkaitan yang kuat terhadap diri seseorang. Oleh karena itu pandangan hidup seseorang tidaksemuanya baik dan positif .Tentunya tidak sedikit orang yang memiliki pandangan hidup yang kurang baik. Namun kita harus selalu memiliki pandangan hidup yang tetap baik. Ada beberapa langkah sederhana yang mungkin bisa dijadikan sebagai langkah untuk memiliki pandangan hidup yang baik yaitu           :



·        Mengenal
                        Mengenal merupakan suatu kodrat bagi rnanusia yaitu rnerupakan  tahap pertarna dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal ini rnengenal apa itu pandangan  hidup. Tentunya kita yakin dan sadar bahwa setiap manusia itu pasti   rnernpunyai pandangan hidup, maka kita dapat memastikan bahwa pandangan   hidup itu ada sejak rnanusia itu ada.      


·        Mengerti
                        Mengerti disini dimaksudkan mengerti terhadap pandangan hidup itu        sendiri. Bila dalam bernegara kita berpandangan  pada Pancasila, maka dalam berpandangan hidup pada Pancasila kita hendaknya mengerti apa  Pancasila dan  bagaimana  mengatur  kehidupan bernegara. 
                        Mengerti  terhadap pandangan  hidup di sini memegang  peranan            penting. Karena dengan mengerti,  ada kecenderungan   mengikuti  apa yang             terdapat  dalam  pandangan  hidup  itu.
           
·        Menghayati
            Dengan  menghayati  pandangan  hidup kita memperoleh  gambaran yang  tepat dan benar  mengenai  kebenaran pandangan  hdiup  itu sendiri.  Menghayati disini dapat diibaratkan menghayati nilai-nilai yang terkandung  didalanmya, yaitu  dengan  memperluas dan memperdalam pengetahuan mengenai  pandangan  hidup itu sendiri. Langkah-langkah   yang  dapat ditempuh  dalam  rangka  menghayati  ini, menganalisa hal-hal  yang berhubungan  dengan  pandangan  hidup,  bertanya  kepada  orang  yang  dianggap lebih tabu dan lebih berpengalaman mengenai isi pandangan hidup itu atau mengenai pandangan hidup itu  sendiri. Jadi dengan menghayati pandangan hid up kita akan memperoleh  mengenai kebenaran  tentang  pandangan  hidup  itu sendiri.
            Yang  perIu  diingat  dalam  langkah  mengerti  dan  menghayati    pandangan   hidup  itu, yaitu  harus  ada.  Sikap  penerimaan  terhadap pandangan hidup itu sendiri. Dalam sikap penerimaan   pandangan  hidup  ini ada  dua  altematif  yaitu  penerimaan   secara   ikhlas  dan penerimaaan secara  tidak  ikhlas.
            Dengan kata lain langkah mengenai mengerti dan menghayati  ini ada sikap      penerimaan dan hal lain merupakan  langkah  yang menentukan  terhadap   langkah  selanjutnya.  Bila dalarn mengerti  dan menghayati ini ada penerimaan             secara ikhlas,maka langkah selanjutnya akan memperkuat  keyakinannya.         Akan  tetapi bila sebaliknya  langkah  selanjutnya  tidak  berguna.

·        Meyakini
            Dengan  meyakini   berarti   secara  langsung   ada  penerimaan yang       ikhlas terhadap pandangan   hidup  itu.  Adanya  sikap  menerima  secara  ikhlas  ini maka  ada  kecenderungan untuk selalu berpedoman kepadanya  dalam segala tingkah laku dan tindak tanduknya selalu dipengaruhi oleh pandangan hidup yang diyakininya.

·        Mengabdi
                        Pengabdian merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan           meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain. Dengan mengabdi maka kita akan merasakan manfaatnya  Sedangkan perwujudan manfaat mengabdi ini dapat dirasakan oleh pribadi kita sendiri. Dan manfaat itu sendiri bisa terwujud di masa masih hidup dan atau        sesudah meninggal yaitu di alam akhirat.

·        Mengamankan
                        Mungkin sudah merupakan sifat manusia bahwa bila sudah mengabdikan  diri pada suatu pandangan hidup lalu ada orang lain yang mengganggu  dan  atau menyalahkannya  tentu dia tidak menerima dan bahkan cenderung untuk  mengadakan perlawanan. Hal ini karena kemungkinan  merasakan  bahwa  dalam berpandangan hidup  itu dia  telah  mengikuti langkah-langkah  sebelumnya dan langkah-langkah  yang ditempuhnya itu telah dibuktikan   kebenarannya sehingga akibatnya bila ada orang lain yang mengganggunya maka dia pasti akan mengadakan suatu respon entah respon itu berwujud tindakan atau lainnya.
                        Proses  mengamankan ini merupakan langkah terakhir.Tidak mungkin     atau sedikit kemungkinan  bila belum mendalami  langkah sebelumnya  lalu akan       ada proses mengamankan ini. Langkah yang  terakhir  ini merupakan  langkah          terberat dan benar-benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam        menanggulangi segala sesuatu demi tegaknya pandangan hidup  itu.





BAB III
KESIMPULAN

3.1     Kesimpulan
            Setiap manusia hidup dan memiliki pemikiran sendiri sendiri. Dari pemikiran itu akan muncul tujuan tujuan hidup yang ingin dicapai oleh masing masing mereka. Berbagai hal dilakukan demi mencapai tujuan tujuan tertentu serta demi kepuasan batin tersendiri. Dari segala perilaku inilah akan timbu pandangan pandangan hidup manusia tersebut. Berbagai hal dapat menjadi pandangan hidup masing masing manusianya.Pandangan hidup manusia ini sangat berpengaruh satu sama lain dengan perilaku manusia tersebut. Dari pandangan hidup yang baik ini akan muncul perilaku yang baik . Dan dari perilaku yang baik jugalah akan timbul kehidupan yang baik kedepannya . Oleh karena itu pandangan hidup juga sangat berpengaruh kepada kehidupan mendatang.

3.2     Saran
          Pandangan hidup manusia berawal dari pemikiran masing masing manusia.Namun,tidak semua pemikiran dan perilaku manusia baik dan positif , tidak sedikit yang buruk dan negative.Untuk menjadi individu yang baik dan memiliki kehidupan yang baik , maka diperlukan pandangan hidup yang baik dan positif pula . Sebagaimana telah diketahui bahwa perilaku sangat berpengaruh kepada pandangan hidup . Oleh karena itu untuk mendapatkan pandangan hidup yang baik ,seorang manusia harus memiliki perilaku dan sikap yang baik . Perilaku dan sikap yang baik juga dapat berawal dari lingkungan yang baik pula sehingga dari lingkungan yang baik ini dapat menimbulkan pandangan pandangan hidup yang baikdan positif pula.









DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes